Wednesday 27 January 2016

Berbagi Tips Mengobati Kelinci Mencret




Salah satu penyakit yang selalu menyebabkan kematian pada kelinci adalah mencret terutama pada saat usia anakan, parahnya jika tidak segera ditangani, penyakit ini akan menular pada sodara sekandangnya. Obat yang selalu kami gunakan adalah NORIT, bisa didapatkan di toko, minimarket2, atau apotik terdekat.

Penanganan :
Sendirikan dulu anakan yg terjangkit, lalu gerus 1 butir norit dan larutkan kedalam air minum. Tidak perlu sped karena akan diminum sendiri. Note: jangan sampai telat mengobati, begitu pagi kena mencret, maksimal siang sudah anda obati (setengah hari).

Semakin lama atau telat mengobati, resiko kematian semakin besar, bukan salah obatnya kalau sudah seperti ini, namun  jika keadaan sudah lemas, selain Norit tadi, saya menggunakan Pocari sebagai pengganti cairan tubuhnya yg hilang (utk menambah tenaga). Tidak perlu sped juga karena biasanya akan langsung diminum.

Jika kelinci anda yang terjangkit mencret sudah tidak mau minum dan makan, maka itu menunjukkan gejala dia sudah kritis/sekarat.  Biasanya jika sudah seperti ini, kemungkinan besar sudah tidak dapat tertolong. Namun hal ini tidak boleh membuat kita putus asa, segera saja ambil alat sped (tabung suntik tanpa jarum) lalu segera saja minumkan norit yg dah digerus td (sped ke mulut secara pelan-pelan), jika sudah selang beberapa menit, spedkan juga pocari. Beberapa teman ada juga yg menggunakan susu+madu untuk penambah tenaga. Sedikit apapun peluangnya untuk hidup, saya rasa kita harus memaksimalkan usaha kita. Dan jika memang karena sudah terlambat, dan mati dipegangan anda ketika anda sped, tidak perlu anda merasa telah membunuhnya, yakinlah bahwa anda sudah melakukan hal yang benar karena hanya itu usaha untuk menolongnya. Pilihannya cuma ada dua, anda berusaha untuk menolong, ataukah anda membiarkan saja kelincinya dan mati secara perlahan.

Sudah hampir setahun saya menggunakan obat norit dan pocari, dan Alhamdulillah dengan penanganan yang cepat hasilnya selalu efektif. Metode pengobatan yang saya lakukan saya pikir yang paling praktis dan mudah dilakukan daripada dengan metode lain. Tentu ada banyak atau berbagai macam metode yang bisa saja berbeda yang dilakukan oleh masing-masing peternak. Setidaknya hal itu sedikit membantu menambah referensi anda dalam penanganan tanggap darurat terhadap kelinci kesayangan anda. Pada intinya, keberhasilan kita tergantung pada kesigapan kita dalam menangani kelinci yang sakit. Sekian saja dan terimakasih.


Penulis: ARDYA RABBITRY

No comments:

Post a Comment