Wednesday 27 January 2016

Kelinci Holland Lop

Sudah anda mengenal jenis kelinci ini?
Kelinci ini adalah jenis kelinci Holland Lop (HL). Kelinci yang bisa dibilang sangat populer dikalangan pecinta kelinci hias baik di Indonesia maupun di dunia. Ketika anda melihat kelinci yang selucu ini, apakah yang terlintas dibenak anda? Jika anda memang pecinta kelinci, tentu saja yang paling utama anda pikirkan adalah ingin segera memiliki salah satu koleksi kelinci seperti ini. Dan tentu saja yang akan kita tanyakan selanjutnya adalah "berapa ya kira-kira harganya?"

Untuk mengenal harga pasar kelinci Holand Lop tentu saja anda harus mengetahui dulu bahwa kelinci Holland Lop mempunyai kualitas yang berbeda-beda dan digolongkan ke dalam 3 Golongan Kualitas, yakni kualitas Pet, Brood, dan Show. Fakta yang harus anda pahami adalah, penggolongan ini tidak khusus digunakan untuk jenis kelinci Holland Lop saja, namun berlaku untuk semua jenis kelinci hias.

Dari ketiga kualitas ini, harga pet adalah yang paling rendah, harga brood adalah harga menengah dan harga Show adalah yang paling tinggi. Apa sih perbedaanya dari ketiga kualitas tersebut? saya akan mengulas sedikit garis besarnya saja.

Kualitas HL Pet


Seperti namanya, Kualitas Pet sebenarnya hanya cocok sebagai peliharaan/kelangenan/untuk senang-senangan saja. Kualitas ini tidak cocok untuk diternakan, bukan karena tidak bisa beranak, melainkan karena jika sepasang kelinci kualitas pet diternakan lagi maka peluang besar menghasilkan keturunan yang jauh dari kriteria kesempurnaan atau kasarnya melahirkan keturunan-keturuanan jelek nantinya akan lebih banyak lagi. Tentu saja hal ini sangat jauh dari konsep seorang breeder, yang pada prinsipnya seorang breeder sejati haruslah mampu menghasilkan keturunan yang minimal harus sama dengan kualitas bapak ibunya atau lebih bagus lagi (upgrade). Jika hasilnya lebih jelek dari bapak ibunya, maka langsung saja disiapkan pisau tajam untuk disembelih atau dikasihkan pada predator.

Tidak bisa dipungkiri memang, mengingat kualitas pet yang harganya paling ekonomis diantara kualitas lain, membuat permintaan HL kualitas pet juga sangat ramai dipasar. Tidak heran jika kualitas pet masih banyak diternakkan.  Sisi positifnya, kebanyakan peternak atau pemelihara HL kualitas Pet lama kelamaan juga akan bermain ke kualitas yang lebih tinggi lagi menyesuaikan dengan pendapatannya dan kecintaanya terhadap jenis kelinci ini yang semakin lama akan semakin menggoda pemeliharanya. 

Kisaran Harga Pasar Rp 500,000,-  sampai dengan  Rp 900.000,-

Kualitas HL Brood

HL Kualitas Brood adalah Kualitas yang sebenarnya sudah cukup bagus dan memiliki potensi untuk menjadi kualitas Show. Namun karena berbagai hal (salah satunya bisa dari perawatan yang kurang maksimal atau ada sedikit faktor yang membuatnya bisa di DQ dalam kontes), kelinci ini memiliki kekurangan yang membuatnya kurang layak untuk dikonteskan. Saya akan membahas lebih lanjut mengenai Kualitas-kualitas ini dalam artikel saya selanjutnya.

Meneruskan Hal di atas, HL dengan kualitas Brood sebenarnya dalam genetiknya masih mempunyai potensi kualitas Show. Karena kelinci ini tidak cukup layak jika masuk kontes maka kelinci ini sangat cocok untuk/ sebagai bahan breeding (bahan ternakkan). Jika anda menggabungkan pasangan yang sama-sama berkualitas Brood maka hasil anakannya masih memiliki potensi besar untuk menjadi kelinci berkualitas Show tergantung bagaimana cara perawatan anda ke depan dalam memprospek pertumbuhan kelinci anda. 

"Apakah kelinci ini cocok untuk peliharaan juga sama seperti Pet?" jawabannya ya sudah pasti lah. Pada hakikatnya semua kelinci atau semua kualitas sangat cocok untuk hewan peliharaan. Yang berbeda hanya di taste-nya bro.. (rasa)

Kisaran harga Brood Rp 1,200,000,- sampai dengan Rp 2,000,000,-

Kualitas HL Show
Ngeri mah klo mengulas jenis kualitas yang satu ini. Jika anda mencari kualitas HL yang paling Lucu atau Supeeer Lucu tentu saja jawabannya pasti ada di kualitas Show. HL dengan kualitas Show bisa dibilang adalah kualitas yang paling sempurna dari berbagai macam kualitas HL. HL kualitas Show sangat cocok untuk di konteskan, sangat cocok untuk diternak, dan tentu saja sangat cocok juga untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan yang istimewa di kandang anda. 

Yang mempengaruhi harga untuk jenis kualitas ini adalah seberapa besar pontesinya untuk menjadi Juara. Dan berlaku untuk semua jenis kualitas juga bahwa warna yang paling banyak diminati pasar juga akan semakin melonjakkan harganya, di tambah lagi dengan jenis kelamin. Karena sudah pasti juga jika kelaminnya betina pasti akan ramai diserbu pasar dan bahkan banyak yang rela mengantri mengingat mendapatkan HL betina tidak semudah mendapatkan HL jantan.


Kisaran harga HL Show Rp 2.000.000,- sampai dengan Rp 5.000.000,- 

NB: Membeli kelinci dengan harga yang sangat tinggi, usahakan umurnya minimal 4 Bulan, karena akan mengurangi resiko kematian dan memang pada usia tersebut, adalah usia yang paling tepat untuk menentukan kualitas HL. Dengan membeli kelinci dengan kisaran harga di atas 1,5jt pastikan untuk mendapatkan Pedigree. Pedigree adalah semacam Sertifikat silsillah kelinci yang dapat menguatkan atau terjaminnya asal-usul kelinci anda secara jelas. Memang tidak wajib juga untuk anda miliki, namun pedigree sangat berguna untuk membantu dalam program breeding anda.
Semoga Bermanfaat!
Ditulis oleh : ARDYA RABBITRY


2 comments:

  1. trimakasih atas infonya... jangan lupa kunjungan baliknya di portalkelinci.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Jika kuslitas pet dan brood disilangkan akan menghasilkan anakan kualitas apa?

    ReplyDelete