Monday 9 November 2015

Paguyuban Peternak Kelinci di Malang


Mungkin belum banyak yang tahu bahwa kota Malang mempunyai segudang peternak kelinci berkelas yang berpengalaman. Para peternak kelinci di kota malang bisa dibilang sangat mementingkan mutu peliharaanya. Di sini kualitas hasil breeding kelinci benar-benar di jaga kelestariannya dan juga selalu ada upaya-upaya untuk selalu upgrade peningkatan mutu kelinci sehingga semakin bagus perkembangannya.

Daripada Malang Kota Mungkin bisa dibilang di Malang kabupaten lebih terkenal dengan kabupaten penghasil kelinci, karena kabupaten Malang sudah mempunyai populasi kelinci puluhan ribu ekor. Para peternak dikabupatenpun biasanya ditiap kandangnya mempunyai populasi ratusan ekor. Bedanya dengan di kota Malang, para peternaknya rata2 hanya mempunyai populasi  rata2 di bawah 100ekor dikandang namun jika dilihat soal kualitas para peternak kelinci dikota malang ini sungguh sangat pantas dapat acungan jempol dari sobat pecinta kelinci.  Kondisi Peningkatan mutu kelinci ini secara perlahan juga merembet ke area Singosari dan Lawang.

Untuk menunjang mobilitas para peternak kelinci ini, Kota malang juga mempunyai Paguyuban Kelinci yang terkenal dengan nama " Shashi Sarana Mukti ". Paguyuban ini masih eksis hingga saat ini dan selalu rutin menggelar pertemuan (kopdar) setiap Bulannya. Paguyuban ini merupakan wadah yg bisa memupuk solidaritas antar peternak dan mempunyai banyak agenda yang bertujuan untuk memupuk motivasi peternak dan peningkatan mutu kelinci di kota Malang dan area sekitarnya.

Walaupun lebih terkenal dengan paguyuban kelinci Kota Malang, Anggota Paguyuban ini sebenarnya sebagian besar berasal dari Kota Malang dan Singosari. Pada dasarnya paguyuban ini memang tidak dikhususkan untuk peternak Kota Malang saja, siapapun peternak di Malang Raya boleh bergabung karena memang tujuan utama dibentuknya paguyuban ini adalah untuk memupuk kekompakkan dan solidaritas antar peternak di Malang Raya.

Paguyuban Kelinci Shashi Sarana Mukti juga tidak jarang memberikan penyuluhan-penyuluhan tentang potensi berternak kelinci kepada masyarakat awam dan juga beberapa kali telah mengadakan pelatihan-pelatihan yang dinara sumberi oleh master kelinci indonesia, sehingga banyak ilmu-ilmu baru yang bisa didapatkan oleh peternak.

Sekian saja info yang kami bagikan hari ini dan semoga bermanfaat.



2 comments:

  1. penulis yg sama d jualo.com. dan sekarang saya tahu siapa anda. agus

    kemaren pertemuan d mas nur katanya yg hadir cuma 2 orang
    terus pertemuan d mas umar katanya yg hadir cuma 4 orang. sampean hadir tah?

    ReplyDelete
  2. penulis yg sama d jualo.com. dan sekarang saya tahu siapa anda. agus

    kemaren pertemuan d mas nur katanya yg hadir cuma 2 orang
    terus pertemuan d mas umar katanya yg hadir cuma 4 orang. sampean hadir tah?

    ReplyDelete