Saturday 27 June 2015

Bagaimana Cara kita mengetahui Terjaminnya Mutu Kemurnian Jenis Kelinci? (PART 2)



Untuk Mengetahui Mutu Kemurnian Jenis Kelinci yang Benar, Maka sebenarnya bisa Anda lakukan dengan Beberapa Cara. Yakni:

1. Bermodal Wawasan yang Benar dan Mendalam
Poin Nomor 1 ini tentu saja ukurannya sangat susah. Namun jika sudah mempunyai bekal ini, saya yakin anda bisa menemukan kelinci yang benar-benar bermutu dengan harga yang paling murah.
Namun Sangat Perlu Anda Ingat!! Seperti pada artikel saya di part 1, untuk mempunyai modal wawasan yang mendalam itu sama saja dengan mewajibkan anda untuk menjadi pakar dalam dunia perkelincian. Bagi kalian yang bermodal wawasan pas-pasan maka hal ini sangatlah sulit dilakukan.

Beberapa Langkah yang saya anjurkan supaya anda mampu menjadi pakar adalah anda harus mampu melakukan semua langkah-langkah dibawah ini:

a. Survey informasi di Internet, khususnya di web referensi yang terjamin kualitasnya dan saya lebih mengajurkan kepada anda untuk langsung belajar dari sumber utamanya yakni di Asosiasi kelinci kelas Dunia, seperti di ARBA, BRC, Rabbit Council Of New Zealand, NNDRC, HLRSC dll. Semua memang kelas dunia, dan paling tidak anda harus menguasai sedikit tentang bahasa inggris untuk membaca sumber informasi di web resminya. Untuk Blog-blog indonesia saya rasa masih kurang lengkap dan beberapa di antaranya kurang kredibel.

b. Bergabung Dalam Komunitas Peternak Kelinci yang Bermutu, baik dari sosmed maupun dalam dunia nyata dan sering-sering bersilahturahmi, sharing dan diskusi ke Peternak kelas nasional maupun internasional.

c. Mengikuti Kontes-kontes kejuaraan kelinci, terutama yang bertaraf Nasional walaupun hanya sebagai penonton tidak apa-apa karena dalam kontes biasanya Juri juga tidak segan-segan menshare standar mutu kualitas kelinci yang bermutu.

d. Meraba dan merasakan langsung Jenis-jenis kelinci yang sudah terjamin kemurniannya sehingga ke depan anda akan lebih berpengalaman dalam menentukan jenis-jenis kelinci-kelinci yang ada dihadapan anda.

2. Berkunjunglah Ke Rabbitry yang terkemuka

Jika anda Ingin membeli kelinci yang benar-benar murni Berkunjunglah Ke Rabbitry yang terjamin Mutu dan kredibilitasnya dan waspada atau kalau bisa stop membeli di pasar maupun dipinggir-pinggir jalan. Karena biasanya pengetahuan mereka adalah ala kadarnya, dan kadang suka memberi keterangan palsu tentang jenis kelinci yang sebenarnya sudah silangan atau bahkan belum siap umur sudah di Jual dan sering juga menjual kelinci yang tidak jelas asal-usulnya dari jenis apa. Jika anda tidak mementingkan mutu jenis kelinci dan lebih condong mencari harga murah tentu hal tersebut tidak berlaku.

Supaya lebih Menjamin mutunya, Biasanya Sebagian Rabbitry Skala Nasional atau juga Pet Shop akan menyertakan Surat Akte kelahiran kelinci, Pedigree dan tatto di Telinga Kelinci. Dengan Begitu, Maka sudah pasti terjamin ke aslian ras kelinci yang anda beli, walaupun anda adalah seseorang yang tidak tahu menahu sama sekali atau awam, anda tidak akan tertipu oleh penjualnya.

"maap gan, saya belum tahu apa itu Pedigree?" Pedigree itu sejenis dokumen yang didalamnya terdapat catatan silsilah asal-usul kelinci di sertai nama inggris dan indonesianya. Dengan demikian, Pedigree sangat menunjukkan bibit, bobot, bebet kelinci tersebut. Namun Untuk Kelinci yang dokumen-dokumennya lengkap seperti ini, tentu saja harganya bisa 2x lipat daripada yang Non Pedigree.

Supaya anda dapat lebih menghemat uang anda, maka anda bisa membeli kelinci yang bermutu pada rabbitry yang terpercaya namun non pedigree atau dokumen-dokumen lainnya. Dalam kasus ini, untuk menentukan rabbitry ini kredibel atau tidak, maka anda harus berbekal mencari referensi dari sebuah komunitas yang akan menunjukkan kepada anda mana rujukkan rabbitry yang kredibel atau tidak. Atau anda juga bisa berbekal poin nomor 1 yang telah saya utarakan di atas. Dan biasanya, rabbitry yang kredibel akan secara gamblang menunjukkan asal-usul kelincinya, indukkannya, dapatnya darimana, mana mutu kelinci yang baik dan bagaimana cara perwatannya. Ya sepertinya lebih kesaling percaya namun masing rabbitry biasanya akan saling merujuk antara rabbitry satu dengan yang lain.

By: Ardya Rabbitry

No comments:

Post a Comment