Wednesday 15 July 2015

Apakah Salah jika saya ingin menjadi peternak tanpa Memperdulikan Kemurnian Ras?



Selamat datang kembali di Blog kami, http://peternakkelincimalang.blogspot.com/. Kali ini saya akan berusaha membuat postingan artikel tentang pengetahuan dasar bagaimana cara beternak kelinci dengan topik Apakah Salah jika saya ingin menjadi peternak Tanpa Memperdulikan Kemurnian Ras?

Baiklah, saya akan memulai dengan menjawab terlebih dahulu topik di atas untuk memulai artikel ini.

Sebenarnya untuk menjawab permasalahan ini saya tidak berhak menjudge siapa yang salah atau siapa yang benar, karena dalam konteks ini keputusan yang dibuat oleh peternak adalah hak setiap individu yang berarti setiap orang dibebaskan untuk memilih bagaimana cara mereka dalam berternak kelinci. Tidak ada hukum yang mengatur dalam membuat keputusan ini. Masalahnya di sini adalah, jika anda dihadapkan pada pilihan ingin menjadi peternak bermutu atau tidak, maka tentu saja dalam hal ini saya bisa menjudge pilihan mana yang benar dan pilihan mana yang salah.

Kembali pada permasalahan di atas, jika anda ingin menjadi peternak yang bermutu maka Salah jika anda memilih tidak memperdulikan kemurnian Ras. Kemurnian Ras sangat penting untuk mengetahui mutu kelinci. Ras kelinci yang murni harganya akan jauh lebih mahal daripada ras silangan. Sudah terdapat beberapa peternak kelinci terkenal di kota malang yang bisa menghasilkan jutaan rupiah dari beternak kelinci ras murni, dan untuk medapatkan omset sebesar itu mereka tidak perlu mengkoleksi terlalu banyak kelinci hingga ratusan ekor. Dengan mengandalkan indukkan beberapa atau minimal sepuluh ekor saja kita akan bisa mendapatkan omset jutaan. Hal ini disebabkan karena harga per ekor kelinci ras murni khususnya untuk yang bersertifikat harganya bisa jutaan rupiah. Bisa di Bilang di sini kita lebih mementingan kualitas daripada kuantitas.

Kelinci Ras Murni juga sangat layak untuk di ikutkan kontes taraf nasional maupun international. Tentu saja ada kriteria-kriteria tersendiri yang perlu anda perhatikan jika anda ingin memenangkan kontes tersebut. Lain halnya dengan ras kelinci yang tidak murni yang jika anda ingin ikutkan dalam kontes, walaupun kelinci anda sudah anda anggap paling catik atau bagus bulunya maka akan langsung di diskualifikasi bahkan ketika anda baru mulai mendaftarkan. Lalu apa pentingnya kontes? Bagi peternak besar, ajang kontes sangat penting untuk meningkatkan pamor nama peternakannya di mata nasional maupun international dan hadiah dari kontes tersebut tentu saja hanya sebagai tujuan nomor 2 atau sebagai hadiah hiburan semata. Tidak heran jika beberapa peternak namanya bisa langsung melonjak dan dikenal oleh banyak orang maupun peternak nasional jika dirinya sudah berhasil memenangkan kontes.

Jika anda memilih tidak memperdulikan kemurnian ras, maka itu juga hak anda sebagai peternak. Biasanya bagi peternak yang tidak memperdulikan ras kemurnian kelinci, pangsa pasar mereka lebih ke kelinci pedaging. Untuk kelinci pedaging, bisanya penjualannya akan dihitung kiloan hidup. Harga biasanya di rentang 25 hingga 50rb per kilogram hidup tergantung wilayah masing2. Untuk anakan biasanya juga di kisaran 15-50ribu tergantung kualitas prospek mutu bibitnya dan daerah.

By: Ardya Rabbitry

No comments:

Post a Comment